Iklan

Rabu, 24 Oktober 2012

Mobile Tips: Agar Smarthpone Tidak Lemot

Hampir semua alat elektronik yang digunakan untuk menyimpan dan memproses data acap kali mengalami hal seperti diatas. banyak penyebabnya mengapa hal itu sering terjadi, pada kesempatan ini saya akan membahas cara mengatasi lemot di Smartphone, langsung saja kita mulai.


  1. Gunakan Task Manager. aplikasi ini berguna menampilkan semua kegiatan dari aplikasi. jadi, disini anda dapat mengKILL aplikasi yang tidak dibutuhkan.
  2. Install Task Killer. berbeda dengan task manager, aplikasi ini berguna untuk mengKILL aplikasi yang berjalan secara otomatis, sehingga anda tidak perlu sering-sering membuka task manager.
  3. Install RAM Optimizer. dari judulnya saja kita sudah tau kalau aplikasi ini untuk menoptimalkan penggunaan RAM. dengan cara mengrangi pemakaiannya secara berkesinambungan.
  4. Pakai Memorycard Berkecepatan Tinggi. Memorycard? apa bener itu berpengaruh besar?. jawabannya iya!. semakin tinggi kecepatan Memorycard (16 Mbps/s)  akan membuat processor semakin mudah membacanya, dan membuat kerja processor menjadi lebih ringan. sehingga proses-proses yang lain tidak terganggu.
  5. Bersihkan Cache. untuk Smartphone yang memiliki arsitektur hardware kelas menengah (Mid-Range) kepenuhan cahce merupakan salah satu penyebab kenapa Smartphone itu menjadi lambat. untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan aplikasi Cache Cleaner. kalian bisa coba search di Google Play Store.
Tips-tips diatas sudah saya praktekkan semua, dan semuanya berjalan dengan baik. ada satu hal lagi yang harus diperhatikan, yaitu Sistem Operasinya. karena ada beberapa sistem operasi yang kerap mengalami penurunan performa jika terlalu banyak dipasang aplikasi, saya menggunakan System Operasi Android 4.0 Icecream Sandwich dan Timescape User Interface, saya menginstall sekitar 220 aplikasi (termasuk system aplikasi). dan Smartphone saya masih lanjar jaya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar