Iklan

Jumat, 19 Oktober 2012

MX Player: Video Player Dengan Hardware Accelerator

Mungkin anda pernah pernah mendengar video player dengan hardware accelerator di laptop ataupun PC anda, tapi tahukah anda ternya fitur tersebut juga tersedia di video player berbasis android. fitur tersebut hanya tersedia di MX Player. Video Player ini sudah sangat lama berada di Google Play Store dan mampu bersaing dengan banyak video player lainnya seperti, Mobo Player dan Vplayer. MX Player tersedia dalam dua versi, yaitu dalam versi free (gratis) dan versi berbayar. perbedaan antara versi gratis dan berbayar terletak pada iklan yang ada di aplikasi tersebut, dalam versi gratis pada saat memilih video yang akan diputar, dibagian paling bawah anda akan melihat iklan. sedangkan dalam versi berbayar, anda sama sekali tidak akan melihat iklan.

Kita kembali ke permasalahan awal, yaitu tentang hardware accelerator dalam MX Player. apakah itu hardware accelerator?. Hardware Accelerator adalah kemampuan program/aplikasi untuk menggunakan fitur tambahan dari hardware untuk mengoptimalisasikan hasil/output dari program/aplikasi tersebut. jadi, apa yang dioptimalkan oleh MX Player? dan Hardware apa yang digunakan?. MX Player adalah aplikasi pemutar vidio, jadi yang dioptimalisasikan adalah vidio yang dimainkan melalui MX Player, MX Player menggunakan GPU dari Handset tersebut, dan tidak semua GPU support untuk melakukan Hardware acccelerator. Untuk menggunakan Hardware Accelerator (dalam MX player ditulis H/W+) anda tinggal pergi ke Setting -> Decoder -> dan centang tulisan Use H/W+ Decoder. setelah itu akan muncul keterang saat anda memainkan video, seperti gambar dibawah.


Tulisan yang diberi warna merah adalah tanda kalau video yang anda mainkan sedang dalam mode hardware accelerator. Untuk mendownload aplikasi ini anda bisa langsung mengklik tilisan ini!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar